Tuesday, November 22, 2011

memori

ingatkah di film fight club kita dalam suatu adegan ada ucapan yang kurang lebih berbunyi; saat kitaingin tenang dan fokus, pikiran kita dikondisikanlah untuk masuk ke dalam gua yang dingin dan sunyi, otomatis pikiran kita akan tenang dan fokus.
saya membaca hal yang kurang lebih serupa di tulisan st. augustine. dia mengatakan bahwa memori sebagai gua besar tempat imaji berada, dan akan dimunculkan apabila dibutuhkan.kontrol pikiran divisualkan sebuah gua yang bisa kita kontrol sepenuhnya. mampukah hal tersebut kita lakukan?memori sebagai persepsi masa lalu beda sama persepsi. Artinya dalam memori selalu ada pengurangan atau penambahan yang membuat peresepsi dan kesan jadi lebih rumit. tapi mekanisme otak dan sistem saraf pada tubuh manusia ini terus berkembang, ini yang menjadi dasar pemikiran bagaimana menurut saya bahwa memori bisa diatur. dengan Belajar dari masa lalu dan memprediksikan masa depan maka mari kita mengatur memori..

1 comment:

Anonymous said...

pak ustad.. Kapasitas memori hp aku udah abis nie.
#nyumput deui ah